Pintu dan Jendela

Sejarah Pintu, Dari mesir kuno Hingga Modern Kontemporer

sejarah pintu

Sejarah Pintu, Dari mesir kuno Hingga Modern Kontemporer. Temuan sejarah pintu yang paling awal diwakili dalam lukisan makam Mesir, dalam bentuk gambar desain sebagai pintu tunggal atau ganda dengan material kayu. Di negara-negara empat musim, pintu didesain dengan bingkai (kusen), yang menurut Vitruvius dilakukan dengan teknik stiles dan rel. Stl/es adalah papan vertikal dengan salah satu bagian menggunakan engsel, dikenal juga dengan sebutan “stiles menggantung’l Selain itu juga dikenal “stiles (engsel) tengah’l Pintu-pintu dan gerbang yang paling kuno terbuat dari kayu.

Pintu tersebut dibuat untuk kuil Raja Salomo yang terbuat dari kayu zaitun, yang diukir dan dilapisi dengan emas. Selain itu, material lain yang sering digunakan pada pintu adalah kayu olive, elm, cedar, oak, dan cemara.

Pintu Yunani dan Romawi kuno, didesain dengan model pintu tunggal, pintu ganda (dua daun pintu), pintu geser, atau pintu lipat. Di dalam makam Theron di Agrigentum, ada sebuah pintu dengan empat panel tunggal yang sebelumnya diukir di batu. Pintu perunggu di gereja S. S, Cosmas dan Damiano di Roma adalah contoh karya logam Romawi periode terbaik untuk pintu dengan desain dua daun.

Pintu tersebut masing-masing memiliki dua panel dan dibingkai dalam perunggu. Kuil Pantheon di Yunanijuga memiliki pintu perunggu, dengan panel horizontal yang menyempit di bagian samping, bawah, atas dan tengah. Dua pintu perunggu lainnya dari periode Romawi berada di Basilika Lateran. llmuwan Yunani dari Alexandria menciptakan pintu mekanis pada abad pertama Masehi, pada masa kekaisaran Romawi dan Mesir.

Pintu mekanis pertama yang oibuat di Cina didesain pada masa pemerntahan Kaisar Yang dari Sui (604-61 8 Nl can d casang untuk ruang perpustakaan keraiaan. Di ltalia, pintu palingg ierkenal adalah Battistero di San Giovani d Fiorence. Kusen pintu tersebut semuanva menggunakan material perunggu. Desain panil yang menggambarkan burung, toxoh, dan dedaunan.

Pintu-pintu ini didesain oleh seniman Andrea Pisano (1330). Khusus pintu timur didesain oleh Ghiberti (1425-1452). Pada pintu-pintu ini dituliskan pelajaran Alkitab yang diilustrasikan dengan angka yang tak terhitung banyaknya sebagai simbol pintu-pintu surga yang dibicarakan oleh pelukis Michelangelo.

Sejarah Pintu masjid di Kairo (Mesir) didesain dengan dua jenis. Pintu luar terbuat dari lembaran perunggu atau besi, dipotong dalam pola hias, dengan handle yang dilebur logam. Sementara pintu bagian dalamnya terbuat dari material kayu yang dibingkai dengan penyatuan desain material dari persegi dan bentuk berlian. Pintu istana di palermo (ltalia), yang dibuat oleh pekerja Saracen untuk Normandia, adalah contoh pelestarian yang baik. Desain serupa dengan pintu palermo ditemukan diVerona (ltalia) dengan kusen dan rel yang miring dan berlekuk.

Pada periode renaissance, Sejarah pintu masyarakat Italia cukup sederhana karena desainer mereka lebih percaya kepada fungsi dari pintu. lni berbeda dengan kondisi di prancis dan Jerman. Pintu dengan ukiran, terutama pada zaman Louis XIV dan XV sering kali dilengkapi dengan fitur arsitektur seperti kolom. Di ltalia, kecenderungan untuk memberikan skala Cilakukan dengan meningkatkan jumlah panel.

Sementara di Prancis sejarah justru sebaliknya. Salah satu pintu besar di Fontainebleau (prancis) yang memiliki dua daun justru dibuat seolah-olah terdiri dari satu panel yang besar saja. Di lnggris, pintu tertua ditemukan di Westminster Abbey yang dibuat tahun 1050 M.

Pada abad XVIl, panel pintu dibesarkan dengan cetakan atau ukiran yang mewah dan bulat. Pintu terbesar di dunia dimiliki oleh NASA, di Kennedy Space Center, Houston, Amerika Serikat. Pintu ini digunakan di bagian hanggar pesawat. Gedung tersebut dibangun untuk perakitan Apollo dan Saturnus dan kemudian digunakan untuk mendukung layanan operasi space shuttle. Masing-masing pintu dibuat dengan ukuran tinggi 456 meter. Sebagai perbandingan, tinggi Patung Liberty hanya 305 meter.

Sejarah Pintu menjadi salah satu aspek terpenting dalam ilmu perancangan, sekaligus dapat mendefinisikan karakter dan fungsi sebuah bangunan. Selain itu, keberadaan pintu depan sebuah bangunan dapat menjadi penghubung antara eksterior dan pintu interior. Desain sebuah pintu juga dapat menentukan gaya yang ada di fasad bangunan’ Karena keberadaannya yang vital, sebuah pintu utama harus dilindungi’ baik itu dengan pelindung fisik (seperti dengan awning, atap teras, alau portico) maupun dengan pelindung simbolis (misalnya dengan menempatkan ornamen patung penjaga pintu)

 

About Jual Pintu Kayu Solid

Jual Pintu kayu Solid by Elite Door, menghasilkan Pintu kayu berkualitas tinggi. Tebuat dari material kayu Pilihan sudah kering oven sehingga tidak susut dan melengkung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *