Pintu dan Jendela

Biaya Produksi Pintu Triplek Atau Plywood, Jenis Pintu Triplek di Pasaran

biaya produksi pintu triplek

Biaya Produksi Pintu Triplek Atau Plywood. Pintu triplek menjadi salah satu solusi untuk menekan biaya produksi pintu solid. Terutama untuk pintu interior rumah. Pintu triplek biasanya juga disebut dengan pintu flush door atau pintu hollow jika bagian dalamnya tidak diberi bahan pengisi.

Meskipun harganya relatif murah dengan proses produksi yang cepat namun ada beberapa tingkatan kualitas dari pintu triplek atau plywwood.

  • Pintu Triplek Hollow, yaitu pintu triplek yang dalamnya kosong tanpa material pengisi.
  • Pintu triplek Honeycomb, Yaitu pintu triplek yang bagian dalamnya diisi dengan kertas honeycomb atau sarang tawon.
  • Pintu Triplek Solid Core, Yaitu pintu triplek dengan bahan pengisi solid misalnya kayu sengon, mdf, dll.

Selain dari bahan pengisinya pintu triplek juga dibedakan dari material finishingnya yaitu:

  • Pintu Triplek Melamine, jika finishing akhirnya menggunakan melamine
  • Pintu triplek duco, Jika finishingnya menggunakan cat warna solid
  • Pintu Triplek HPL jika finishingnya menggunakan bahan pelapis HPL.

Berbagai jenis pintu triplek tersebut akan berpengaruh signifikan terhadap biaya produksi pintu triplek.

Biaya Produksi Pintu Triplek

Jika tertarik untuk menghitung biaya pembuatan pintu plywood berikut ini adalah asumsi biaya produksi pintu triplek:

  • Pintu plywood membutuhkan rangka kayu didalamnya. Rangka kayu ini menjadi tempat untuk meletakkan lapisan plywood pada kedua sisinya.
  • Rangka pintu plywood biasanya terbuat dari kayu ukuran ukuran finis 3cm x 5cm jadi kita harus membeli kayu ukuran 4×6 cm sebagai bahan baku.
  • Jika diasumsikan kita akan membuat pintu kayu ukuran lebar 80 dan tinggi 210 cm maka kita memerlukan kayu ukuran 4x6x210=2 batang, ukuran 4x6x80=4 batang untuk rangka atau secara gampang kita memerluka kayu dengan total ukuran 4x6x740 cm.
  • 4x6x740 cm jika dikubikasi maka hasilnya adalah 0,0168 m3, Jika harga kayu Rp. 3.500.000/m3 (kayu ukuran 4×6 termasuk jenis kayu afkir pabrik sehingga lebih murah) maka biaya untuk Rangka kayu adalah 0,0168 x Rp. 3.500.000 = Rp. 58.800/pintu
  • Harga Plywood Meranti 4mm ukuran pintu dipasaran dengan 90×220 Rp. 50.000, untuk membuat pintu kita membutuhkan plywood 2 lembar Sehingga biaya plywood Rp. 100.000/Pintu
  • Ongkos produksi tukang, Lem, Sekrup dll Rp. 75.000/Pintu
  • Total Biaya Pembuatan Pintu Plywood Meranti Adalah Rp. 58.800 + Rp. 100.000 + Rp. 75.000 = Rp. 233.800/Pintu Plywood

Estimasi diatas adalah untuk pintu dari plywood meranti yang sudah dicetak untuk ukuran pintu dengan dimensi 90×220 cm. Jika kita ingin membuat pintu plywood dari teakwood, Plywood oak, Sungkai, atau Jati maka perhitunganya berbeda. Jenis plywood tersebut dijual dengan ukuran 122×244 dengan asumsi harga sekitar 100.000/Lembar maka untuk membuat 1 pintu harus membeli 2 lembar atau Sekitar Rp. 200.000/pintu, tinggal dijumlahkan dengan baiaya rangka kayu dan ongkos produksi.

About Jual Pintu Kayu Solid

Jual Pintu kayu Solid by Elite Door, menghasilkan Pintu kayu berkualitas tinggi. Tebuat dari material kayu Pilihan sudah kering oven sehingga tidak susut dan melengkung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *